Rabu, 01 April 2009

Jangan Beli Korek Kuping Ngasal !

Jika tak ingin telinga menderita infeksi, jangan sembarangan menggunakan cotton buds (korek kuping). Apalagi korek kuping yang dibeli di pinggir jalan.

Sebagai salah satu indera penting dalam diri manusia, telinga memang harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Namun, jika salah merawatnya bisa-bisa alat pendengaran Anda malah rusak.

Salah satu yang mesti diperhatikan adalah penggunaan pembersih telinga (cotton buds). Anda jangan menggunakan korek kuping yang tak terjamin kebersihannya.

Sekadar mengingatkan, sebaiknya Anda jangan pernah membeli dan menggunakan cotton buds yang dijual dengan harga murah di pinggir jalan atau dalam bis kota. Pasalnya, higienitasnya sama sekali tidak terjamin.

Kabarnya, korek kuping yang dijual di pinggir jalan itu merupakan produk daur ulang dari kapas bekas rumah sakit. Kapas bekas tersebut dibersihkan dari segala macam kotoran, dicuci dengan air, kemudian di bleaching dengan pemutih, lalu dibuat korek kuping.

Kuman-kuman yang ada di bekas kapas korek kuping itu bisa menimbulkan infeksi virus telinga bagian dalam, tengah dan luar (Herpes Zoster Octicus). Nah, jika tak ingin indera pendengaran Anda terganggu, mulai sekarang cobalah untuk membeli dan menggunakan cutton buds yang benar-benar terjamin kebersihannya. .(Bt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar